Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!
1. Algoritma diubah menjadi kode program oleh programmer yang kemudian hasilnya akan menjadi sebuah ....
A program D. komputer
B pemecahan masalah E. alur program
C pengodean
KUNCI : A
2. Untuk melakukan operasi perkalian, maka harus menggunakan operator ....
A aritmetika D. relasi
B pembanding E. bitwise
C logika
KUNCI : A
3. Perhatikan algoritma berikut!
Jika warna yang dimasukkan adalah putih, maka akan berubah menjadi hitam. Jika warna yang dimasukkan hitam, maka akan berubah menjadi putih. Selain warna putih dan hitam akan berubah menjadi warna kuning. Jika input warna yang dimasukkan adalah kuning, maka warna akan berubah menjadi ....
A tidak berubah D. ungu
B hitam E. putih
C hijau
KUNCI : A
4. Simbol flowchart berikut yang berfungsi untuk menunjukkan sumber data yang akan diproses adalah ....
A jajar genjang D. lingkaran
B oval E. belah ketupat
C persegi panjang
KUNCI : A
5. Bentuk umum struktur perulangan do while adalah ....
A do {pernyataan} while (kondisi); D. do {kondisi} while (pernyataan);
B while (do) pernyataan; E. do (pernyataan) while (kondisi);
C do (kondisi) while {pernyataan};
KUNCI : A
6. Algoritma yang paling mudah dipahami oleh orang awam karena menggunakan bahasa sehari-hari disebut ....
A bahasa natural D. flowchart
B kode program E. bagan alir
C pseudocode
KUNCI : A
7. Konsep pembelajaran terhadap sebuah pengembangan pengetahuan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni disebut ....
A praktik lintas bidang D. artefak komputasional
B informatika E. dampak sosial informatika
C berpikir komputasional
KUNCI : A
8. Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program disebut ....
A deklarasi D. judul
B instansiasi E. deskripsi
C input
KUNCI : A
9. Proses penerjemahan algoritma ke dalam bahasa pemrograman disebut ....
A coding D. dokumentasi
B testing E. programmer
C algoritma
KUNCI : A
10. Undang-undang yang mengatur tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) adalah ....
A UU No. 32 Tahun 2000 D. UU No. 12 Tahun 2000
B UU No. 33 Tahun 2000 E. UU No. 37 Tahun 2000
C UU No. 34 Tahun 2000
KUNCI : A
11. Bahasa berikut yang bukan merupakan bahasa tingkat tinggi adalah ....
A Assembly D. FORTRAN
B Basic E. MySQL
C COBOL
KUNCI : A
12. Hari Hak Kekayaan Intelektual sedunia diperingati setiap tanggal ....
A 26 April D. 11 Mei
B 10 Maret E. 26 Mei
C 21 Januari
KUNCI : A
13. Instruksi yang menjalankan satu atau beberapa aksi yang sama berulang kali sesuai dengan jumlah yang ditentukan atau berdasarkan kondisi tertentu disebut ....
A repetition D. sequence
B pemilihan E. runtunan
C selection
KUNCI : A
14. Bahasa yang digunakan dalam generasi ketiga bahasa pemrograman adalah ....
A bahasa prosedural D. bahasa mesin
B bahasa 4GL E. bahasa Assembler
C bahasa orientasi objek
KUNCI : A
15. Konsep penggabungan sistem komputer dan software terhubung secara fisik dan fungsional disebut ....
A integrated system D. artificial intelligence
B additive manufacturing E. internet of things
C cloud computing
KUNCI : A
16. Berikut merupakan syarat-syarat algoritma menurut Donald E. Knuth, kecuali ....
A process D. input
B finiteness E. definiteness
C output
KUNCI : A
17. Yang tidak termasuk dalam akronim T.H.I.N.K adalah ....
A Helpless D. Necessary
B True E. Kind
C Illegal
KUNCI : A
18. Tipe data yang digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE dan FALSE adalah ....
A Boolean D. Array
B Integer E. Float
C String
KUNCI : A
19. Orang yang telah mengerti, menerapkan, dan selalu aktif menggunakan teknologi digital dalam kehidupannya disebut ....
A warga digital D. administrator
B citizen E. user
C operator
KUNCI : A
20. Salah satu bentuk pengujian aplikasi adalah black box testing. Ciri-ciri pengujian black box testing adalah ....
A. fokus terhadap fungsionalitas aplikasi
B. menguji struktur internal dan kode aplikasi
C. memakan sumber daya yang banya
D. pengujian yang dilakukan cukup kompleks
E. diuji oleh seseorang yang paham menyeluruh tentang aplikasi
KUNCI : A
21. Beberapa manfaat belajar informatika sebagai berikut, kecuali ....
A meningkatkan kemampuan individu D. mempermudah mengenali teknologi
B mengembangkan software dan hardware E. mengasah kemampuan berpikir kritis
C peluang kerja yang tinggi
KUNCI : A
22. Berikut yang bukan merupakan bahasa pemrograman adalah ....
A Django D. Python
B Pascal E. Java
C C#
KUNCI : A
23. Catatan aktivitas kelompok dalam laporan awal digunakan untuk ....
A penyusunan laporan akhir dan evaluasi D. menentukan target pasar
B membuat laporan keuangan E. menghitung biaya produksi
C mengatur jadwal pertemuan
KUNCI : A
24. Bentuk umum penulisan pernyataan if yang benar adalah ....
A if (x > y) D. if x > y:
B if x > y then: E. if (x > y) then:
C if x > y then
KUNCI : A
25. Berikut hal yang harus diperhatikan ketika membuat presentasi, kecuali ....
A setiap huruf diberi animasi D. meminimalkan jumlah slide
B gunakan kata kunci dan gambar E. visualisasikan data dengan tepat
C gaya dan ukuran font tepat
KUNCI : A
26. Suatu kegiatan yang tidak bersifat rutin dan memiliki batasan waktu (time), anggaran (cost), sumber daya (resources), serta spesifikasi khusus terhadap produk yang dihasilkan disebut ....
A proyek D. bidang
B praktik E. kreasi
C aksi
KUNCI : A
27. Keterlibatan bersama dalam upaya terkoordinasi untuk memecahkan masalah secara bersama-sama disebut ....
A kolaborasi D. inovasi
B kreasi E. aksi
C koordinasi
KUNCI : A
28. Tujuan manajemen proyek sebagai berikut, kecuali ....
A menambah pendanaan D. menjaga kualitas
B menjaga anggaran E. menyelesaikan tepat waktu
C melancarkan proyek
KUNCI : A
29. Berikut ini yang merupakan tugas tester adalah ....
A menguji produk D. mendefinisikan kebutuhan sistem
B memonitor jalannya proyek E. membuat skenario tes
C menentukan strategi algoritma yang sesuai
KUNCI : A
30. Yang tidak termasuk dalam penyusunan laporan akhir adalah ....
A rencana tindak lanjut D. solusi yang diambil
B saran untuk pengembangan E. deskripsi umum proyek
C pengamatan di lapangan
KUNCI : A
31. Proses mengimplementasikan atau menemukan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru disebut ....
A inovasi D. kolaborasi
B insentif E. kreasi
C koordinasi
KUNCI : A
32. Salah satu bentuk pengujian aplikasi adalah white box testing. Ciri-ciri pengujian white box testing adalah ....
A menguji struktur internal dan kode aplikasi D. pengujian yang dilakukan cukup kompleks
B fokus terhadap fungsionalitas aplikasi E. pengamatan hasil input
C memakan sumber daya yang banyak
KUNCI : A
33. Aplikasi mockup website yang dapat digunakan secara kolaborasi dan real time adalah ....
A Figma D. JustInMind
B Sketch E. canva
C Flinto
KUNCI : A
34. Yang bukan merupakan elemen dalam manajemen proyek yaitu ....
A project D. time
B resource E. money
C scope
KUNCI : A
35. Salah satu cara presentasi yang baik adalah ....
A menampilkan kepercayaan diri D. menghindari kontak mata dengan audiens
B menyampaikan materi dengan cepat E. menggunakan bahasa yang sulit dipahami
C membaca seluruh teks dari slide
KUNCI : A
36. Dokumen pendukung yang disarankan untuk disertakan dalam laporan akhir mencakup ....
A. poster atau infografis, dokumen evaluasi, dan refleksi
B. logo produk, laporan pemasaran, dan poster
C. dokumen anggaran, poster, dan laporan pemasaran
D. laporan keuangan, poster, dan refleksi
E. desain aplikasi, dokumen anggaran, dan laporan pemasaran
KUNCI : A
37. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat presentasi adalah ....
A Prezi D. figma
B Paint E. prenzo
C corel
KUNCI : A
38. Tahap dalam manajemen proyek untuk mendokumentasikan pembelajaran proyek adalah ....
A monitoring D. planning
B closing E. initiation
C execution
KUNCI : A
39. Pengujian pada sistem terintegrasi untuk melakukan verifikasi bahwa sistem telah sesuai spesifikasi disebut ....
A system testing D. acceptance testing
B integration testing E. unit testing
C usability testing
KUNCI : A
40. Cara export hasil pembuatan poster ukuran A4 di figma adalah tekan pada keyboard
A Ctrl + Shift + E D. Ctrl + Shift + S
B Ctrl + E E. Ctrl + S
C Shift + E
KUNCI : A