Ruang Baca, sarana mengikat ilmu, jurnal mengajar

  • Selamat Datang di Blog Pak Abduh

    Sarana Berbagi ilmu, mengikat ilmu, kumpulan portofolio karya, dan hal bermanfaat lainnya

  • Kamera, Fotografi, dan Videografi

    belajar bersama, mengikat ilmunya, praktikkan caranya, pamerkan hasilnya, dan bahagia ^___^

  • Desain Grafis

    belajar bersama, mengikat ilmunya, praktikkan caranya, pamerkan hasilnya, dan bahagia ^___^

  • Belajar Bisnis

    belajar bersama, mengikat ilmunya, praktikkan caranya, pamerkan hasilnya, dan bahagia ^___^

09 October 2025

LATIHAN SOAL VIDEOGRAFI KELAS XII



Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

  1. Apa yang dimaksud dengan "pan" dalam istilah gerakan kamera?

    1. Kamera berputar dari kiri ke kanan D. Kamera berputar searah jarum jam

    2. Kamera bergerak ke atas dan ke bawah E.  Kamera bergetar di tempat

    3. Kamera bergerak maju dan mundur

 

  1. Gerakan kamera apa yang disebut "tilt"?

    1. Kamera berputar ke atas dan ke bawah D. Kamera bergetar di tempat

    2. Kamera bergerak ke samping E.  Kamera bergerak secara diagonal

    3. Kamera bergerak maju dan mundur

 

  1. Apa yang dimaksud dengan "dolly shot"?

  1. Kamera bergerak dengan menggeser posisi di atas dolly

  2. Kamera zoom in atau zoom out

  3. Kamera bergerak di atas rel

  4. Kamera berpindah dari satu tempat ke tempat lain

  5. Kamera berputar di tempat


 

  1. Apa perbedaan utama antara "zoom" dan "dolly"?

  1. Zoom mengubah jarak lensa, dolly mengubah posisi kamera

  2. Dolly mengubah jarak lensa, zoom mengubah posisi kamera

  3. Zoom berputar, dolly bergerak maju mundur

  4. Dolly berputar, zoom bergerak secara diagonal

  5. Tidak ada perbedaan, keduanya sama


 

  1. Apa itu "crane shot"?

  1. Kamera dipasang pada crane dan digerakkan secara vertikal

  2. Kamera digerakkan secara horizontal menggunakan dolly

  3. Kamera berputar di tempat

  4. Kamera digunakan untuk mengukur kedalaman

  5. Kamera bergetar untuk efek dramatis



 KLIK DISINI UNTUK SELENGKAPNYA 

Share:

LATIHAN SOAL PERANGKAT LUNAK DESAIN BAB 1


 Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

1. Di bawah ini media yang sering terdapat desain Komunikasi visual, kecuali ....

situs web ilegal         D. kemasan

poster                         E.  media sosial

iklan

 

 2. Komposisi merupakan penyusunan unsur- unsur seni rupa agar menjadi susunan yang teratur, serasi, dan menarik. Pada sebuah desain terlihat adanya beberapa komponen yang disusun secara seimbang antara bagian kiri dan kanan. Hal tersebut menunjukkan bahwa komposisi pada desain tersebut menggunakan pola ....

simetri             D. asimetri

tunggal             E.  bebas

merata

 

 

3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Mau mendengarkan pendapat orang lain dan tidak pernah menganggap dirinya benar.

2) Tidak terlalu mendominasi situasi dan bersedia mengadakan komunikasi timbal balik.

3) Menganggap bahwa buah pikiran orang banyak lebih baik.

4) Menginginkan komunikasi satu arah, tidak akan menerima dari arah lain.

5) Selalu diam, tidak menunjukkan reaksi, dan jarang memberikan buah pikirannya. Pernyataan yang merupakan ciri-ciri gaya komunikator membangun adalah ....

A  1), 2), dan 3)             D. 2), 4), dan 5)

B  1), 3), dan 4)             E. 3), 4), dan 5)

C  2), 3), dan 4)

 4. Seorang desainer grafis dapat menemukan ide atau inspirasi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, seorang desainer grafis dapat menggunakan iPad atau buku gambar untuk membuat gambar atau konsep dasar dari desain yang akan dibuat. Berikut yang bukan manfaat membuat konsep dasar dari desain yang akan dibuat oleh seorang desainer grafis adalah ....

A. meringankan proses pewarnaan desain yang akan dibuat

B. meningkatkan kemampuan dalam membuat desain

C. memiliki banyak gambaran untuk mengekspresikan desain

D. memudahkan jalannya pendesainan

E. memudahkan untuk mengekspresikan desain

  5. Perbandingan matematis bentuk elemen untuk menentukan bidang sebuah desain disebut dengan ....

proporsi                 D. dominasi

keseimbangan             E.  kesatuan

irama

  6. Unsur yang menentukan keindahan suatu desain disebut dengan ....

value                 D. tekstur

background         E.  gradasi

padding



LATIHAN SOAL LEBIH LENGKAP KLIK DISINI

Share:

22 September 2025

PROFIL DKV DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK LABSCHOOL UNESA 1

 

klik link dibawah

    1. APA ITU DKV
    2. PROFIL PAK ABDUH
    3. KOMPETENSI KEAHLIAN
    4. PROSPEK
    5. PELATIHAN
    6. KUNJUNGAN INDUSTRI (KI)
    7. PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERINlink 2
    8. UJIAN TUGAS AKHIR (TA)
    9. UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)
    10. PAMERAN (PRAKARSA LABS)
    11. PORTOFOLIO MM-DKV
    12. TIM MEDIA SEKOLAH (M22 LABSCHOOL)
    13. UNIT PRODUKSI (M22 PRODUCTION)
    14. STUDIO FOTO (SMILESA STUDIO)

Share:

24 May 2025

Kegiatan Diklat dan Serah Terima Jabatan M22 Media SMK Labschool Unesa 1 Tahun Ajaran 2025/2026

 Pada Sabtu, 10 Mei 2025, SMK Labschool Unesa 1 menyelenggarakan kegiatan Diklat dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) M22 untuk periode kepengurusan tahun ajaran 2025/2026. Acara ini berlangsung dengan penuh semangat dan kekeluargaan, diikuti oleh seluruh anggota M22 serta disaksikan langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Fuat Hadi Santoso, M.Pd.

Kegiatan diawali dengan pembukaan resmi oleh Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi antusiasme para siswa dalam berkegiatan media M22 dan berharap M22 terus menjadi wadah pembelajaran dan kreativitas yang positif bagi siswa.

Prosesi Sertijab dilaksanakan secara simbolis dari pengurus lama kepada pengurus baru yang berasal dari kelas X DKV, yaitu Zahriyah, Kenny, Arsya, Queen, dan Farisal. Pengurus baru ini diharapkan mampu melanjutkan estafet kepemimpinan dan inovasi media sekolah yang telah dirintis oleh para senior sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan Diklat yang diisi oleh pemateri istimewa, alumni SMK Labschool UNESA 1 yang kini telah berkarier sebagai fotografer profesional di bidang wedding, yaitu Kak Haddad. Beliau membagikan ilmu dan pengalaman seputar fotografi serta pentingnya attitude dan profesionalisme dalam dunia kerja kreatif.

Salah satu sesi menarik dalam diklat adalah kegiatan games fotografi, di mana peserta diklat ditantang untuk mengambil foto dengan kondisi tertentu secara spontan. Games ini bertujuan melatih kreativitas, kepekaan visual, dan kerja sama tim.

Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dengan para alumni, termasuk alumni M22 Media angkatan pertama yang turut hadir dalam acara. Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam mendokumentasikan seluruh kegiatan sekolah sejak awal berdirinya M22 Media, pihak sekolah memberikan sertifikat penghargaan serta bonus voucher foto + Cetak gratis di studio foto milik SMK Labschool Unesa 1, yaitu SMILESA Studio.

Pembina M22 Media, Bapak Muhamad Abduh, S.Pd, M.M, memberikan pesan penting kepada pengurus baru agar senantiasa menjaga semangat belajar, saling menghargai dalam tim, serta menjadikan organisasi sebagai tempat bertumbuh yang menyenangkan. Beliau juga menekankan pentingnya komunikasi dan tanggung jawab dalam menjalankan amanah sebagai pengurus media sekolah.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan sesi dokumentasi seluruh peserta. Semoga kepengurusan baru M22 Media tahun ajaran 2025/2026 dapat membawa semangat baru dan semakin menebar manfaat melalui karya-karya yang inspiratif.

Dokumentasi kegiatan dan hasil karya peserta dapat dilihat melalui akun resmi media sosial M22 Media --> https://m22labschool.blogspot.com/

videeo nya

https://youtube.com/shorts/iPQQr-8hoCI?feature=share

Share:

23 May 2025

Siswa-siswi kelas XI jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Labschool UNESA 1 menggelar kegiatan Ujian Tugas Akhir (UTA) dengan tema Desain Kemasan dan Mockup

 Kamis, 8 Mei 2025 – Siswa-siswi kelas XI jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Labschool UNESA 1 menggelar kegiatan Ujian Tugas Akhir (UTA) dengan tema Desain Kemasan dan Mockup. Ujian ini merupakan bentuk evaluasi keterampilan dan kreativitas siswa dalam menerapkan ilmu desain yang telah mereka pelajari selama satu tahun terakhir.

Tema yang diangkat pada ujian kali ini adalah "Fruit Bliss", yaitu konsep kemasan untuk produk imajinatif dengan aroma buah-buahan. Setiap siswa diberikan keleluasaan untuk memilih jenis buah yang akan menjadi inspirasi utama dalam desain kemasannya. Hal ini menghasilkan beragam karya yang menarik dan unik—mulai dari warna, bentuk, hingga tampilan visual yang memikat.

Proses pembuatan desain dilakukan secara mandiri, mencakup tahap brainstorming ide, membuat sketsa, mendesain secara digital, dan mempresentasikan hasil dalam bentuk mockup kemasan.

Dari seluruh karya yang ditampilkan, tim guru memilih lima desain terbaik yang menonjol dalam hal konsep, estetika, dan kesesuaian brief. Adapun siswa dengan hasil terbaik adalah:

  • Ailin

  • Farel

  • Reva

  • Zia

  • Dania

dari kanan

Ketua Jurusan DKV, Bapak Muhamad Abduh, S.Pd., M.M., menyampaikan rasa bangga atas kerja keras dan hasil karya siswa dalam kegiatan ini.

“Saya sangat bangga dengan hasil karya siswa-siswi kita hari ini. Tema ‘Fruit Bliss’ memang menantang, karena mereka harus bisa menerjemahkan sensasi rasa dan aroma buah ke dalam bentuk visual yang menarik dan menjual. Tapi ternyata mereka mampu menyuguhkan karya-karya yang tidak hanya kreatif, tapi juga punya nilai komersial yang kuat,” ujar beliau.

Beliau juga menambahkan bahwa ujian ini bukan hanya tentang nilai, tetapi juga bagian dari persiapan siswa menghadapi dunia kerja yang nyata.

“Kami ingin membentuk siswa yang tidak hanya bisa mendesain, tapi juga berpikir seperti desainer profesional. Proyek seperti ini melatih mereka untuk memahami proses kerja di industri kreatif, mulai dari memahami brief hingga mempresentasikan karya secara profesional,” tambahnya.

 

Ujian Tugas Akhir ini menjadi salah satu bentuk komitmen SMK untuk menciptakan lulusan yang siap kerja, siap bersaing, dan siap berkarya di dunia industri kreatif.

 


 

Share:

16 May 2025

latihan soal Informatika semester 2 kelas X DKV




Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

1. Algoritma diubah menjadi kode program oleh programmer yang kemudian hasilnya akan menjadi sebuah ....

program                             D. komputer

pemecahan masalah         E.  alur program

pengodean

KUNCI : A

  

Share:

25 April 2025

Penguji UKK Kelas 12 SMK Putra Airlangga

 




                                                  
                                                  FOTO SELENGKAPNYA ADA DI SINI





 

Share:

06 April 2025

latihan soal psaj c2 mm

 


Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

1.      Sistem warna yang digunakan dalam media digital seperti pada layer monitor dan smartphone adalah . . . . .

A.     RGB

B.     CMYK

C.     YIQ

D.    Additive

E.     Achromatic

 

KUNCI : A

-

 

Share: